5 Pertanda Teknologi Perusahaan Anda Ketinggalan Jaman 

Kecanggihan teknologi mengakibatkan seluruh aspek dalam kehidupan mau tidak mau terkena pengaruh. Banyak hal yang sekarang telah diimplikasi dengan teknologi canggih dan modern. Hal tersebut juga memicu perkembangan era digital menjadi lebih cepat. Salah satu aspek yang juga mengalami dampak dari kemajuan teknologi adalah aspek bisnis. Banyak perusahaan yang telah melakukan inovasi dengan mengimplikasikan sistem teknologi untuk kelangsungan operasional perusahaannya. 

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi sangat memengaruhi kemajuan perusahaan juga. Baik itu dari sisi produksi, operasional, marketing, hingga mengatur sumber daya. Perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan mengalami penurunan performa dibandingkan dengan yang memanfaatkan teknologi terbaru. Berikut ini 5 pertanda teknologi perusahaan Anda ketinggalan jaman: 

Tidak Menggunakan Digital Marketing 

Masyarakat telah mengalami pergeseran kecenderungan, dari yang dahulu belanja secara offline, sekarang serba ingin praktis. Segmen pasar yang banyak di dunia digital ini perlu disasar oleh perusahaan dengan cara memanfaatkan digital marketing atau pemasaran secara digital. Jika perusahaan Anda masih belum menerapkan pemasaran via digital, sudah tentu perusahaan Anda akan kalah saing dengan kompetitor. 

Tidak Memanfaatkan Teknologi 

Dalam pengelolaan sumber daya, tentu berjalannya operasional perusahaan akan lebih mudah. Misalnya, menggunakan teknologi seperti mesin fingerprint untuk sistem presensi akan mempermudah pengelolaan sumber daya manusia dibandingkan pencatatan kehadiran manual. Contohnya, software akuntansi dapat digunakan untuk mengelola pembukuan dan laporan keuangan perusahaan, mengoptimalkan transaksi.

Tidak Memiliki Social Media 

Sosial media sangat dibutuhkan dalam jaman yang maju seperti ini. Apabila perusahaan Anda tidak memiliki sosial media, maka dipastikan bahwa perusahaan Anda sudah ketinggalan jaman. Ada pun sosial media yang bisa Anda gunakan adalah instagram, Facebook, TikTok hingga e-commerce marketplace yang bisa digunakan pula untuk pengenalan perusahaan Anda secara digital serta untuk pemasaran secara digital juga. 

Enggan Menggunakan Aplikasi 

Banyak aplikasi atau software yang bisa membantu operasional perusahaan berjalan lebih mudah dan tepat. Memang betul aplikasi atau software tersebut berbayar, namun hal tersebut sangat layak dimiliki guna menghasilkan sistem operasional yang minim risiko kerugian dan kecurangan. Anda bisa mulai menerapkan penggunaan aplikasi untuk kehadiran karyawan, perekapan mutasi barang gudang, sistem penggajian karyawan, hingga aplikasi pembukuan atau akunting. 

Tidak Berinovasi 

Ciri kelima dari perusahaan yang ketinggalan jaman adalah perusahaan yang enggan melakukan inovasi. Inovasi yang dihasilkan dapat menyelamatkan perusahaan dari kondisi kritis yang terjadi agar tetap bisa bertahan dalam menghasilkan produk atau layanan jasa untuk konsumen. Pemenuhan permintaan pasar juga bisa berjalan lebih baik dengan penerapan inovasi-inovasi terbaru. Adanya inovasi tersebut juga dapat mempermudah perusahaan untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Inovasi juga diperlukan dalam memenangkan kompetisi antar pesaing bisnis. 

Demikianlah 5 pertanda teknologi perusahaan Anda ketinggalan jaman. Anda bisa mulai membenahi perusahaan Anda supaya penerapan teknologinya bisa lebih optimal dan ter-update. Pemanfaatan teknologi tentu membutuhkan budget lebih namun jangan khawatir karena investasi dalam teknologi akan selalu layak dicoba sebab hasil kemudahan dan ketepatan yang dihasilkan dapat mendukung setiap aspek kegiatan operasional perusahaan.  

Banyak perusahaan yang akhirnya bangkrut hanya karena ketinggalan teknologinya sehingga tidak bisa bersaing dengan competitor yang lebih memperhatikan implementasi teknologi dalam operasionalnya. Oleh karena itu, Anda perlu segera bergegas supaya perusahaan Anda tidak menjadi bangkrut hanya karena ketinggalan teknologi! 

Bagikan

Artikel Lainnya

Mari kita bicara tentang proyek besar Anda berikutnya

Hubungi kami dan kami akan menghubungi Anda.
Salah satu anggota tim kami akan segera menghubungi Anda kembali.

Dapatkan berita terbaru tentang Nurosoft dan tetap terhubung dengan kami

Ikuti kami