5 Tren Mobile App Terkini!  

Sehari-harinya, tangan kita pasti udah nggak bisa lepas dari gadget, ‘kan? Baik itu ponsel atau laptop? Memang, teknologi sudah jadi bagian penting banget dari rutinitas. Jadi nggak heran juga kalau semua hal penting kita simpan di ponsel. Dan karena sekarang semua sudah serba canggih, ada banyak banget mobile app yang sering kita pakai sesuai dengan kebutuhan dan minat kita. Nah, di zaman modern sekarang, mobile app bahkan jauh lebih diperlukan dari sebelumnya. 

 

 

Diperkirakan pada tahun-tahun ke depan, teknologi mobile akan semakin berkembang hingga semuanya bisa dilakukan hanya dengan scroll, swipe, dan tap layar ponsel kita. Jadinya, akan ada banyak tren mobile app baru yang trending karena berbagai fungsinya dalam memenuhi kegiatan kita, mulai dari bekerja, hiburan, olahraga, dan lainnya. Berikut lima jenis tren mobile app yang bakal atau sedang trending saat ini.

 

Machine Learning dan AI (Artificial Intelligence)

 

Pasti sudah tidak asing sama yang namanya Siri, ‘kan? Siri adalah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang didesain untuk mempermudah akses pada gadget-mu, seringkali tanpa harus menyentuhnya. Istilahnya, ia ini asisten virtual pribadi kita. Teknologi Machine Learning juga memungkinkan AI mempelajari hal-hal baru, baik dengan sendirinya atau sesuai dengan yang kita mau. Makanya, bukan tidak mungkin teknologi ini sekarang dan ke depannya bakal mendominasi market mobile app. Dan mungkin juga tidak hanya akan sebatas di situ.

 

Internet of Things (IoT)

 

Ini salah satu teknologi mobile app yang canggih banget. IoT membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan lewat handphone, memungkinkan kita tidak lagi membutuhkan perangkat lain untuk melakukan beberapa hal. Ini menjadikan segala operasi lebih menghemat waktu dan efisien. Zaman sekarang yang semua sudah serba internet, jadi nggak heran kalau bahkan TV saja bisa connect ke internet. Bahkan menyalakan dan mematikan TV saja tidak selalu memerlukan remote TV, cukup dengan handphone-mu saja.

 

Beacons & Networking

 

Dalam segi pemasaran dan periklanan, teknologi ini sangat menguntungkan, terutama dalam menerima dan mengirim informasi. Contohnya, kita bisa berpotensi mengiklankan jasa atau bisnis langsung lewat ponsel tanpa harus interaksi langsung dengan orang lain. Kita hanya butuh orang itu berdiri atau jalan melewati kita. Dalam waktu singkat, orang itu akan menerima informasi tentang bisnis dan jasa kita. Teknologi ini dapat dilakukan karena adanya Bluetooth Low Energy (BLE), yaitu sinyal yang bisa dideteksi dan diterima ponsel.

 

 

Augmented Reality (AR)

 

Meski bukan teknologi yang benar-benar baru, mobile app berbasis augmented reality ini mulai semakin digemari. Teknologi ini memadukan objek virtual dua atau tiga dimensi dengan lingkungan nyata. AR terutama sangat popular di mobile app game. Meski begitu, kegunaannya lebih dari sekedar untuk permainan; teknologi ini juga bisa diintegrasikan dalam bidang kesehatan, keamanan, militer, bahkan pendidikan. Umumnya untuk menggunakan teknologi ini, user memerlukan kamera dan sensor. Karena kecanggihannya, teknologi ini sangat terkesan futuristik.

 

Aplikasi Android Berbasis Cloud

 

Meski pun ponsel sekarang memiliki banyak memori storage yang lumayan besar, memungkinkan kita untuk menyimpan banyak file, Cloud sepertinya masih menjadi salah satu fitur utama untuk semua jenis ponsel. Masa kini, sudah banyak mobile app yang memungkin user untuk menghubungkan aplikasinya pada Cloud, memudahkan kita untuk menyimpan file di sana. Ini jelas sangat berguna terutama jika kita ingin menyimpan file penting namun tidak memiliki memori yang cukup. Cloud juga memudahkan user untuk menggunakan mobile app seringkali tanpa harus menginstall-nya terlebih dahulu. 

 

Ada juga mobile app yang menggunakan cloud computing, yang gunanya mengolah dan menjalankan program yang terhubung komputer melalui jaringan internet pada saat yang bersamaan. Ini bisa mempercepat berbagai macam proses. 

 

Itulah lima mobile app yang sedang trending saat ini. Meski begitu, teknologi dan mobile app akan selalu berkembang, dan itu berarti akan selalu ada perubahan. Mungkin tahun depan akan ada teknologi yang jauh lebih baik, tapi untuk sekarang kelima teknologi ini adalah beberapa dari sekian banyak yang lebih canggih dibanding lainnya

 

Bagikan

Artikel Lainnya

Mari kita bicara tentang proyek besar Anda berikutnya

Hubungi kami dan kami akan menghubungi Anda.
Salah satu anggota tim kami akan segera menghubungi Anda kembali.

Dapatkan berita terbaru tentang Nurosoft dan tetap terhubung dengan kami

Ikuti kami